cara mengatur keuangan rumah tangga

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Untuk Sukseskan Masa Depan

Cara mengatur keuangan rumah tangga – Salah satu skill yang harus dimiliki seseorang dalam menjalani kehidupan rumah tangga adalah ia harus tau bagai mana cara mengatur keuangan. Hal ini harus benar benar kita pikirkan karena sangat berkaitan masa depan keluarga.

Dari kebutuhan harian seperti biaya makan, listrik dan air sampai kepada biaya pendidikan anak kita dimasa depan. Pengaruh besar atau kecilnya gaji seseorang terhadap harta yang kita miliki bukanlah sebuah jaminan seseorang bisa sukses dimasa depan.

Dalam artikel ini insyallah saya akan dibahas cara mengatur keuangan rumah tangga untuk sukses di masa depan. Data yang saya sampaikan merupakan kesimpulan yang saya dapatkan dari beberapa mentor seminar bisnis yang saya ikuti.

Langsung saja kita masuk kepada poin pertama tentang cara mengatur keuangan rumah tangga adalah :

Hitung Semua Pemasukan dan Pengeluaran

cara mengatur keuangan keluarga
gelut.com

Memahami kondisi keuangan merupakan langkah awal yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga. Buatlah daftar yang didalamnya berisi data pemasukan dan pengeluaran bulanan secara teliti dan detail.

Contoh data pengeluaran yang harus kamu masukan dalam daftar adalah Tagihan listrik, bayar kontrakan jika belum punya rumah, tagian air, tagihan telepon, biaya makan dan yang terpenting adalah berapa hutang yang kita miliki. Data tersebut bisa kamu dapatkan dengan mencatan seluruh pengeluaran selama 1 bulan.

Jika kamu bingung dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan, ada aplikasi android yang mungkin bisa membantu kamu dalam mencatat pengeluaran. Kamu bisa cari diplay stor, Aplikasi tersebut bernama Money Lover.

Dengan mengetahui kondisi keuangan rumah kita dapat degan mudah mengatur dan masuk ketahap selanjutnya tentang cara mengatur keuangan rumah tangga yaitu mengatur dan merencanakan keuangan.

Mengatur dan Membuat Perencanaan Keuangan

cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta per bulan
dermansyah.wordpress.com

Setelah memahami semua jumlah pendapatan, pengeluaran dan aset yang dimiliki, sekarang saya akan mengajarkan bagaimana cara merencanakan uang. Cara mengatur keuangan rumah tangga, data yang saya paparkan merupakan hasil dan kesimpulan yang saya dapatkan dari seorang mentor bisnis Ibarahim vatih.

Beliau menjelaskan pemasukan yang kita dapatkan harus disalurkan kepada 4 bagian yaitu:

40% Untuk Kebutuhan Hidup

40% uang pemasukan yang kita dapatkan harus langsung pisahkan untuk kebutuhan hidup seperti biaya makan, bayar kontrakan, listrik, air, dan kebutuhan rumah tangga lainya. Dalam hal ini, kita harus pandai menghemat dan berfikir sebelum mengeluarkan duit.

30% Untuk Membayar Hutang dan Investasi

Prioritas yang harus diutamakan dalam menggunakan 30% pembagian ini adalah membayar hutang. Jadi bukan 15% untuk membayar hutang dan 15% lainnya untuk menabung atau investasi. Hal ini bertujuan supaya kita bisa fokus dalam menabung dan berinvestasi.

Ada banyak trik yang bisa kita pakai untuk menabung dan berinvestasi. Mungkin ada teknik sederhana yang akan dishare pada sub-bab dibawah yang mungkin bisa kita gunakan bersama.

20% Untuk Uang Darurat

Uang ini dipakai hanya untuk hal darurat saja seperti biaya pengobatan, oprasi, dan kepentingan lainnya yang berkaitan dengan kesehatan. Dalam hal ini kita harus berkomitmen untuk tidak mencampur dan menggunakan uang ini untuk kebutuhan lain.

10% Untuk Shadaqah

Mindset penting yang harus kita tanamkan dalam diri ini adalah “SESUNGGUHNYA SHADAQAH TIDAK MENGHILANGKAN HARTA”. Seperti dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda :

Dari Asma’ binti Abi Bakr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padaku,

لاَ تُوكِي فَيُوكى عَلَيْكِ

“Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.”

Dalam riwayat lain disebutkan,

أنفقي أَوِ انْفَحِي ، أَوْ انْضَحِي ، وَلاَ تُحصي فَيُحْصِي اللهُ عَلَيْكِ ، وَلاَ تُوعي فَيُوعي اللهُ عَلَيْكِ

“Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.”

(Hr. Bukhari dan Muslim)

Mungkin ada sebuah perumpamaan sederhana tentang shadaqah yang mungkin bisa menjadi bahan renungan bagi kita. Jika kita umpamakan Rizki yang allah berikan seperti air dalam pipa dan manusia sebagai kerannya. Orang yang enggan bershadaqah seperti keran yang rusak.

Jika orang tersebut tetap seperti itu, ada dua kemungkinan yang akan diberikan. yang pertama Allah akan memberikan rizki itu untuk orang lain atau Allah akan mengeluarkannya paksa dengan cara memberikan orang tersebut sebuah bencana. Karenanya shadaqah merupakan unsur penting yang tidak boleh kita lupakan.

Berfikir Sebelum Membeli Barang

cara mengatur keuangan keluarga
matrilogos.blogspot.com

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang berikutnya berfikir sebelum membeli sesuatu. Pada dasarnya sifat “barang” terbagi menjadi 2 jenis yaitu barang yang bersifat konsumtif dan barang yang bersifat investasi.

  • Ciri barang yang bersifat konsumtif diantaranya barang tersebut digunakan untuk memenuhi keinginan, seiring berjalannya waktu harga barang itu akan semakin turun dan sifat perawatannya selalu menggunakan uang. Contoh barang konsumtif seperti smartphone, motor, dan mobil.
  • Barang yang bersifat investasi adalah barang yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang usaha, berguna dimasa depan dan semakin lama harganya barang tersebut akan naik.  Contohnya seperti perak, emas dan tanah.

Sebenarnya pengkategorian tersebut digantungkan kepada fungsi utama dari barang tersebut contohnya seperti mobil bak. Secara perawatan ia tergolong barang konsumtif. Namun secara kegunaan ia bersifat investasi karena bisa dimanfaatkan untuk menunjang bisnis.

Dalam membeli barang sangat penting bagi kita untuk mengetahui fungsi utama dari barang tersebut. Contohnya printer, fungsi utamanya adalah mencetak file dokumen dari laptop yang kita miliki. Boleh saja membeli print yang ada scaningnya jika memang itu sesekali dibutuhkan.

Sederhananya jika kita ingin membeli ataupun mengganti barang, selama fungsi utamanya masih berjalan dengan baik tidak usah bagi kita membeli yang lebih dari apa yang ada. Jadi cukup untuk kita membeli printer yang bisa ngeprint dengan baik, tidak perlu printer yang ada fitur bluetooth, wifi atau yang lainnya.

Waspada Dalam Menaikkan Biaya Hidup

cara mengatur keuangan keluarga
m.detik.com

Misal saat ini kita dan keluarga sudah cukup hidup dengan biaya 2 juta perbulan maka berusahalah untuk tetap konsisten pada angka tersebut. Prinsip dasar biaya hidup adalah “mudah naik dan susah turun“. Orang yang terbiasa hidup dianggka 5 juta akan susah jika suatu saat pendapatannya menjadi 2 juta.

Biasanya orang yang sudah terbiasa sudah terbiasa hidup dengan biaya yang tinggi, rasa ketidak puasan terhadap uang akan terus muncul. Cara mengatur keuangan rumah tangga nya akan menjadi tidak terkontrol. Karenanaya kita juga perlu berhati hati didalam menaikkan biaya.

Hindari Hutang dan Belajarlah Menabung

mengatur keuangan RUMAH TANGGA
kumiki.blogspot.com

Salah satu penghambat pertumbuan perekonomian rumah tangga adalah hutang. Apalagi hutang yang memiliki bunga. Jika benar-benar terpaksa hitung dengan benar berapa banyak yang di butuhkan kemudian cari temppat pinjaman yang tidak berbunga.

Seperti yang sudah disampaikan diatas, cara mengatur keuangan rumah tangga adalah menabung. Cara yang mungkin bisa kita praktekkan untuk menabung bernama pejuang 20 ribu. Sederhana saja, kamu cukup menyiapkan toples dan wajib memasukan semua uang 20 ribu yang kamu dapatkan dari kembalian belanjaan kedalam toples. Untuk penjelasan lengkapnya kamu bisa liat disini.

Cara lain untuk kita bisa berinvestasi adalah dengan membeli tanah atau emas sebanyak banyaknya. Karena tanah cukup sulit didalam mencairkannya menjadi uang. Mencicil emas dibank tertentu bisa menjadi solusi lain. Saat ini sudah banyak sekali bank syariah yang memiliki program ini.

Luruskan Niat dan Tetapkan Tujuan

cara mengatur keuangan RUMAH TANGGA MENURUT ISLAM
mtf-online.com

Setelah semua-nya tersusun dengan rapih poin paling utama, diantara poin yang lainnya adalah sudahkah lurus niat yang ada dalam kati kita mengharap ridho Allah ? Akankah harta yang kita kumpulkan bermanfaat untuk anak anak kita dan kaum muslimin ?

Supaya Allah memudahkan jalan kita dalam menjalani cara mengatur keuangan rumah tangga, maka luruskanlah niat didalam melakukannya. Tulislah dan tentukan seberapa banyak matrialistis yang kita butuhkan supaya apa yang kita kerjakan semuanya terukur dangan rapih dan jelas.

Baca Juga : Hal yang Harus Kamu Lakukan Untuk Persiapan Menikah

Demikianlah artikel kami tentang cara mengatur keuangan rumah tangga. Jika ada kesalahan dalam penggunaan kalimat mohon maaf. Mudah mudahan Allah membantu kita didalam menjalani kehidupan ini. mungkin cukup sekian dan terimakasih banyak atas waktunya 😀

Satu pemikiran pada “Cara Mengatur Keuangan Keluarga Untuk Sukseskan Masa Depan

  1. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.. Pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan, secara ya lifestyle jaman sekarang itu woww rupiah

Tinggalkan komentar