Macam Macam Fitnah Akhir Zaman Dan Cara Menghadapinya

Fitnah Akhir Zaman – Salah satu tanda-tanda akan terjadinya hari kiamat adalah menyebarnya fitnah dikalangan umat manusia. Masa tersebut ditandai dengan banyaknya kezaliman diantara manusia, Hal tersebut disebabkan kekalahan umat islam yang tidak bisa memimpin zaman.

Dahsyatnya fitnah akhir zaman akan membuat orang yang terkena fitnah tersebut menjauh dari ajaran islam, bahkan mereka akan menolak dan memusuhi kebenaran islam. Pada artikel ini, insyaallah akan kita bahas secara lengkap tentang fitnah akhir zaman.

Fitnah Akhir Zaman Menurut Islam

fitnah akhir zaman menurut quran
pcinu-anz.org

Dalam Al-Qur’an kata “fitnah” memiliki banyak sekali arti. Namun dari banyaknya makna, para ulama mengambil kesimpulan. Fitnah adalah cobaan dan ujian yang diberikan Allah kepada hambanya dalam bentuk baik maupun buruk, dengan nikmat atau bahkan musibah.

Hal tersebut didasarkan pada firman Allah subhanahu wata’ala yang terdapat pada surat Al-Ankabut ayat ke 2 :

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?.” (Al-Ankabuut: 2)

Macam Macam Fitnah Akhir Zaman

Fitnah terdahsyat yang nantinya akan dihadapi oleh ummat manusia adalah fitnah dajjal. Namun sebelum datangnya fithnah tersebut ada beberapa macam fitnat akhir zaman yang harus kita waspadai bersama. Karena fitnah akhir zaman sudah banyak kita jumpai dan kita rasakan bersama.

Baiklah, beberapa macam fitnah akhir zaman diantaranya sebagai berikut :

Pemimpin Zalim

dahsyatnya fitnah akhir zaman
cloudfront.net

Pemimpin merupakan seseorang yang bertugas membina dan mengarahkan bawahannya kepada jalan yang benar. Banyaknya pembantaian kaum muslimin dinegara-negara bagian timur seperti suriah dan palestin merupakan bukti fitnah ini sudah muncul.

Pada bagian ini adalah bagian paling kelam yang akan dirasakan kaum muslimin. Jangankan memberikan pendapat, kaum muslimin akan diarahkan kepada jalan yang salah dengan paksaan yang menyakitkan hati maupun fisik.

Inilah zaman yang sekarang sedang kita hadapi bersama. Dimana akibat fitnah akhir zaman ini dunia sudah perlahan lahan mulai hancur dikarenakan nilai jahiliah yang terlihat modern mendominasi kehidupan manusia. Para penguasa mengatur manusia dengan hawa nafsunya dan mengabaikan wahyu yang Allah turunkan.

Sebagaimana yang sudah dikabarkan Rasulullah shalallahu allahi wasalam dalam hadistnya :

يَكُونُ بَعْدِي أَئِمَّةٌ لَا يَهْتَدُونَ بِهُدَايَ، وَلَا يَسْتَنُّونَ بِسُنَّتِي، وَسَيَقُومُ فِيهِمْ رِجَالٌ قُلُوبُهُمْ قُلُوبُ الشَّيَاطِينِ فِي جُثْمَانِ إِنْسٍ

“Akan muncul sepeninggalku nanti para pemimpin yang tidak menggunakan petunjuk ku, tidak mengamalkan sunnahku, akan muncul ditengah tengah mereka pemimpin yang berhati setan ditubuh manusia” (HR Muslim : 1847)

Pada masa ini Ummat manusia seluruhnya dipaksa untuk mengikuti budaya yang diperintahkan pemimpin zalim tanpa rasa malu dan takut kepada Allah subhanahu wataa’ala. Mereka adalah para pemimpin yang suka menebar janji lalu mengkhianatinya.

Baca juga : Pengertian Zalim Dalam Islam

Jauhnya Masyarakat Dari Ilmu Islam

dahsyatnya fitnah akhir zaman
asiawebdirect.com

Keadaan tersebut akan di perparah dengan keadaan umat manusia yang pada saat itu dekat dengan kebodohan, dan jauh dari memahami ilmu agama. Mereka adalah orang yang memusuhi para ulama dan menghina sunnah Rasulullah. Apa yang mereka kerjakan hanya didasarkan oleh hawa nafsunya semata.

Dalam sebuah hadits Rasulullah Tentang Umat Akhir Zaman, Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda :

إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَظْهَرَ الْجَهْلُ وَيَفْشُوَ الزِّنَا وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ وَيَذْهَبَ الرِّجَالُ وَتَبْقَى النِّسَاءُ حَتَّى يَكُونَ لِخَمْسِينَ امْرَأَةً قَيِّمٌ وَاحِدٌ

“Sesungguhnya diantara *tanda dekatnya kiamatnya* adalah diangkatnya ilmu dan menyebarnya kejahilan terhadap agama, merajalela perzinahan, minum khamer, lenyapnya kaum laki laki dan tersisanya kaum wanita, sehingga bandingannya limapuluh wanita sebanding seorang laki laki” (HR Bukhari : 80, Muslim : 2671)

Hal ini menunjukkan bahwa ketika ilmu dicabut, fitnah akhir zaman akan semakin dahsyat. Sehingga Al-qur’an dan petunjuk Allah akan semakin lenyap dari hati manusia. Dahsayanya fitnah akhir zaman sudah semkin terlihat dan kita rasakan.

Kebaikan Dan Keburukan Menjadi Samar

menghadapi fitnah akhir zaman
dakwatuna.com

Karena jauhnya manusia terhadap ilham dan petunjuk yang Allah berikan, Manusia akan semakin sulit untuk membedakan yang mana yang baik dan yang mana yang buruk. Fitnah akhir zaman akan semakun dahsyat karena pada saat itu hanya sedikit sekali orang yang masih berpegang teguh dengan ajaran islam.

Sebagaimana dalam sebuah hadits Rasulullah shalallaualaihi wa salam mengabarkan.

Bahwa Hudzaifah bin Yaman berkata, “Orang-orang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kebaikan, sedangkan aku bertanya kepada beliau tentang keburukan, karena aku khawatir mengalaminya. Aku berkata, ‘Ya Rasulullah, sesungguhnya kami dahulu telah mengalami zaman Jahiliyyah dan keburukan, lalu Allah mendatangkan kepada kami kebaikan ini. Apakah setelah kebaikan ini ada keburukan?’

Rasul menjawab, ‘Ya.’

Aku bertanya, ‘Dan apakah setelah keburukan itu ada lagi kebaikan?’

Rasul menjawab, ‘Ya, dan ada keburukannya.’

Aku bertanya, ‘Apa keburukannya?’

Beliau menjawab, ‘Suatu kaum yang memberi petunjuk dengan selain petunjukku. Di antara mereka ada yang dikenal, dan ada pula yang tidak.’

Aku bertanya, ‘Apakah setelah kebaikan itu masih ada lagi keburukan?’

Rasul menjawab, ‘Ya, yaitu para penyeru yang ada di pintu-pintu Jahannam. Barangsiapa memenuhi seruan mereka menuju ke neraka itu, maka mereka melemparkannya masuk ke dalamnya.’

Aku berkata, ‘Terangkan ciri-ciri mereka kepada kami ya Rasulullah.’

Beliau menerangkan, ‘Mereka mempunyai kulit seperti kalian, dan berbicara dengan bahasa kalian.’

Aku bertanya, ‘Apa yang anda perintahkan kepadaku, andaikan aku mengalami masa itu?’

Beliau menjawab, ‘Bergabunglah kamu dengan jama’ah kaum muslimin dan pemimpin mereka.’

Aku bertanya, ‘Jika mereka tidak mempunyai pemimpin ataupun jama’ah?’

Beliau menjawab, ‘Tinggalkan semua golongan, walaupun kamu harus menggigit pangkal pohon, sehingga maut datang menjemputmu, sedang kamu tetap seperti itu.’” (HR.Imam Al-Bukhari)

Fitnah Dalam Bidang Ekonomi dan Keuangan

doa fitnah akhir zaman
pixabay.com

Dalam bidang perekonomian ummat pada akhir zaman akan dipaksa tunduk dengan 3 pilar setan, yaitu Bunga Bank, Uang Fiat dan Money Creation. Padahal dalam islam sendiri ada konsep pengaturan yang sudah baku dan sukses ketika diterapkan pada masa rasulullah dan para khalifah.

Pada zaman tersebut akan semakin banyak orang miskin karena sistem yang digunakan bukan sistem yang disyariatkan. Al-Qur’an mensyariatkan dhzahab(emas) dan fidhdhoh(perak) dan secara empiris berupa dinar dan dirham. Suatu jenis mata uang yang memiliki intrinsic value serta aman dari inflasi.

Cara Menghadapi Fitnah Akhir Zaman

Setelah mengetahui bersama tentang pengertian fitnah akhir zaman dan macam-macamnya. Pada sub-bab ini akan kami jelaskan bagaimana cara menghadapi fitnah akhir zaman. Baiklah langsung saja kita masuk kedalam poin pertama yaitu :

Perbanyak Ilmu Islam Sesuai Pemahaman Salafus Shalih

apa itu fitnah akhir zaman
ngaji.blogspot.com

Hal paling penting yang harus kita persiapkan didalam menghadapi dahsyatnya fitnah akhir zaman adalah memahami ilmu islam berdasarkan pemahaman para sahabat dan beberapa generasi setelahnya. Cara yang bisa kita usahakan dalam menutut ilmu islam adalah dengan menghadiri majelis-majelis ilmu dan mengikuti kajian kajian ilmiyah.

Dengan memahami ilmu islam secara benar, seseorang akan mampu memfilter dan membedakan yang mana yang baik dan yang mana yang buruk. Tak hanya itu ia akan mampu mengontrol perbuatan-nya. Dalam sebuah hadits Rasulullah Shalallahu alahi wasalam mengkisahkan seorang yang selamat dari fitnah dajjal dikarenakan ia paham dengan ilmu islam.

Ilmu wajib yang harus kita pahami bersama adalah Ilmu islam yang berkaitan dengan aqidah dan tauhid. Seperti pada kisah pemuda diatas, Keimanan pemuda tersebut tidak akan ia dapatkan jika ia tidak memahami ilmu aqidah dan tauhid secara benar.

Karenanya sebagai seorang muslim, kita hasus senantiasa bersiap-siap untuk menghadapi fitnah akhir zaman. Selalu hadirkan rasa Khawatir karena siapapun bisa saja terkena fitnah ini. Dengan perisai berupa ilmu dan iman, insyaallah Allah akan melindungi kita dari terkena fitnah akhir zaman.

Mintalah Perlingungan Kepada Allah

apa itu fitnah akhir zaman
menatahidup.com

Senjata terkuat yang tidak dimiliki kaum selain kaum muslimin adalah Do’a yang mustajab. Betapa pintarnya seseorang masih sangat besar kemungkinannya ia akan terkena fitnah akhir zaman. karenanya memahami ilmu saja tidak cukup, dibutuhkan senjata yang kuat berupa Do’a.

Mintalah kepada Allah petunjuk, hidayah dan perlindungan dari dahsyatnya fitnah akhir zaman. Seperti dalam sebuah hadits Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :

تَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ الْفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ

“Berlindunglah kalian kepada Allah dari segala fitnah, baik yang tampak ataupun yang tersembunyi” (HR Muslim : 2867).

Mengamalkan Ilmu Dengan Mempebanyak Amal Shalih

apa itu fitnah akhir zaman
inspiradata.com

Setelah memahami ilmu dan meminta perlindungan kepada Allah, iktiar yang bisa kita lakukan dalam menghadapi fitnah akhir zaman adalah dengan memperbanyak Amal shalih. Dalam sebuah hadits Rasulullah shalallahu alaihi wasallam memperingatkan.

Dari Abu hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :

بَادِرُوا بِالْأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِي كَافِرًا أَوْ يُمْسِي مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنْ الدُّنْيَا.

“Segeralah kalian beramal sebelum datangnya fitnah laksana potongan gelap malam gulita, seseorang paginya beriman sorenya sudah kafir, sorenya beriman paginya sudah kafir, dia menjualk agamanya dengan harta dunia” (HR Muslim : 118)

Menjalankan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar

menghadapi fitnah akhir zaman
alifakids.com

Amar Ma’ruf Nahi Mungkar merupakan kewajiban seorang mukmin atas mukmin lainnya. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk melawan fitnah akhir zaman adalah dengan mengingatkan saudara dan orang-orang terdekat yang kita miliki.

Dekatkan saudara kita kepada ilmu islam dengan mengajak mereka kembali kepada Ulama yang senantiasa istiqamah dalam mengajarkan islam. Karena satu satunya penerang ditengah fitnah akhir zaman yang dapat mengantar kita menuju ridho Allah adalah para ulama.

Jika diibaratkan orang yang jauh dari ulama bahkan menghinakan-nya adalah seperti seorang buta yang berjalan pada medan terjal, ditengah kegelapan malam tanpa adanya pemandu. Mereka bisa kapan saja terjatuh dan masuk kedalam jurang yang dalam.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. bersabda : “Hendaknya kamu semua memuliakan para ulama, karena mereka itu adalah pewaris para Nabi, maka barangsiapa memuliakan mereka berarti memuliakan Allah dan Rasul-Nya.”

(HR. Al Khatib Al Baghdadi dari Jabir ra., Kitab Tanqihul Qaul)

Jagalah Lisan dan Sikap Terhadap Suatu Peristiwa

fitnah akhir zaman menurut quran
specialiscinta.blogspot.com

Tanda semakin dekatnya kita dengan hari kiamat adalah semakin banyaknya kekacauan yang dialami kaum muslimin. Dari mulai penghinaan terhadap agama islam sampai banyak-nya pembantaian kaum muslimin. Saat ini 2 hal tersebut sudah kita rasakan bersama.

Menjaga lisan dari komentar pada suatu peristiwa yang sedang hangat dibicarakan merupakan suatu usaha untuk menjaga diri kita dari terkena fitnah akhir zaman. Tak perlu berkoar-koar layaknya seseorang yang tau segala yang terjadi. Hal yang bisa kita lakukan saat ini adalah taat dan mematuhi para ulama.

Berusahalah bersikap bijak dalam menghadapi segala permasalah yang terjadi ditengah umat. Seseorang bisa dikatakan bijak apabila ia senantiasa berfikir jernih dan tidak terburu-buru dalam menyikapi suatu pemasalahan yang sedang melanda.

Baca Juga : Hadits Menjaga Lisan

Tak hanya taat dan patuh terhadap ulama, kita juga harus pandai memfilter mana berita yang benar dan mana yang HOAX. Dizaman fitnah akhir zaman ini kita tidak boleh asal Share berita yang kita sendiri belum mengetahui kebenarannya. Allah subhanahu wata’ala berfitman yang arti.

“ Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri) .Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut syaitan, kecuali sebahagian kecil saja (di antaramu). (QS An-Nissa : 83)

Demikianlah pembahasan kita mengenai pengertian, macam-macam dan cara mengadapi fitnah akhir zaman. Jika ada kesalahan dalam pengambilan dalil dan penjelasannya mohon dibenarkan dengan mengisi kolam coment dibawah. Sekian dan terimakasih banyak atas waktu-nya.. 😀

Tinggalkan komentar