jenis jenis kain

Mengenal Jenis Jenis Kain Serta Kekurangan dan Kelebihan-nya

Jenis Jenis Kain – Kain adalah suatu bahan pokok yang dipakai untuk membuat baju, selimut dan perlengkapan lain-nya. Seiring berkembangnya zaman ada banyak sekali variasi macam macam kain dan fungsinya pada setiap jenisnya pun berbeda beda.

Variasi jenis pada setiap kain memiliki karakter, sifat, dan tekstur yang berbeda beda pada setiap jenisnya. Ada yang kain yang bersifat kaku ketika diraba dan ada pula yang sifatnya halus lagi lentur saat dipegang.

Mengetahui dan memahami jenis jenis kain merupakan suatu hal penting yang harus dikuasai jika dalam menjalankan bisnis konveksi atau ketika jual sprei murah. Tingkat tinggi atau rendahnya presentasi closing ada pada kelihaian kamu dalam menjelaskan jenis kain apa yang dipakai dalam produk yang kamu jual.

Berikut beberapa informasi jenis jenis kain yang sudah kami ringkaskan secara lengkap dan mendetail. Selamat Membaca ya…. 😀

Kain Wools

jenis jenis kain
Aliexpress.com

Kain wolfis salah satu kain yang cukup populer di jual dipasaran. Ciri khas yang terdapat pada kain yang satu ini adalah menghangatkan dan sedikit berat. Bahan Wolfis memang biasanya dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sweater dan jenis pakaian yang fungsinya menghangatkan.

Salah satu keunggulan dari kain wolfis sendiri jika kita mengetahui cara merawat kain wolfis kain ini bisa bertahan lebih lama (lebih awet) jika dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya.

Kain Chiffon

macam macam kain
gamisjilbabsyari.com

Jika kita raba, tekstur kain chiffon saangat halus dan lembut ditangan. karakter dari kain ini adalah transparan dan jatuh mengikuti bentuk tubuh. Karenanya jenis kain Chiffon kurang cocok untuk mereka yang gemuk dan tidak direkomendasikan untuk dijadikan gamis muslimah.

Biasanya kain chiffon digunakan sebagai bahan untuk membuat dress, blose dan selendang karena memang kesan elegan dan modren merupakan nilai tambah dari kain ini. Namun kekurangan dari kain chiffon adalah panas ketika dipakai.

Untuk meminimalisir rasa panas biasanya pemakaian kain chiffon dibarengi dengan ciput dari bahan kaos. Ada dua macam kain chiffon yang dijual dipasaran diantaranya :

  • Kain Chiffon Polos yaitu kain yang dibuat dari campuran bahan Polyester
  • Kain Chiffon Ceruti yaitu kain yang dibuat dari campuran bahan sutra

Kain Blancu

macam macam kain kain blancu
jualkainblancu.blogspot.com

Kain Blancu merupakan kain yang menggunakan bahan dasar kapas dalam pembuatannya. Karakteristik dari jenis kain blancu adalah fleksibel. Karenanya kain ini sangat cocok dan bisa mengkreasikan menjadi berbagai macam karya.

Kelebihan dari kain ini salah satunya adalah ramah lingkugan berdasarkan cara pengolahannya. Kain ini cukup mudah ditemukan dimana-mana. Dan biasanya kain ini dijadikan sebagai pembungkus dan tas paper bag yang ramah lingkungan.

Kain PE (Poly Ester)

jenis jenis kain
alibaba.com

Jenis jenis kain yang selanjutnya adalah kain Poly Ester dibuat dari serat sintetis hasil minyak bumi yang nantinya menghasilkan bahan fiberpoly. Salah satu kekurangan dari bahan ini adalah kurang bisa menyerap keringat dan proses pembuatannya pun kurang alami.

Namun Keunggulan dari kain polyester adalah karakteristiknya yang hampir sama seperti kain katun. Kuslitas dari bahan polyester satu tingkat dibawah kain katun. Karenanya jenis kain ini cukup populer dipasaran.

Kain Rayon

macam macam kain
Aliexpress.com

Dalam industri tekstil jenis jenis kain ini lebih dikenal dengan sebutan rayon viskoca Karena warnanya yang cerah berkilau. Sebenarnya jenis jenis kain Rayon secara khusus hanya dupakai untuk kebutuhan industri kain batik.

Kelebihan dari kain rayon adalah kemampuan daya serap yang tinggi, lembut, tak mudah kusut, dan tahan lama. Sayangnya kain ini memiliki kekurangan tidak elastis dan mudah terbakar. Biasanya kain Rayon dijadikan sebagai pelengkap lapisan pada busana busana seperti jas, jaket, syal dan daster.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Kain Balotelli

Itulah beberapa macam dan jenis jenis kain beserta kelebihan dan kekurangannya.  Jika ada hal rekomendasi variasi jenis kain yang lain kamu bisa tulis di kolom komentar. Sekian dan terimakasih banyak atas waktunya… 😀

Tinggalkan komentar